Rabu, 04 Desember 2013



BONEKA HELLO KITTY
Boneka merupakan jenis mainan yang sangat di gemari anak-anak, dan semua orang pasti mengenalinya. Boneka (dari bahasa Portugis Boneca) merupakan mainan yang berberbentuk binatang, manusia maupun tokoh-tokoh kartun.
Tahukah anda sejak kapan orang mengenal boneka ? Boneka mulai di kenal sejak 3000 tahun sebelum Masehi. Pada zaman Yunani,Romawi ataupun Mesir kuno boneka sudah ada namun fungsi, bentuk, maupun bahan pembuatnnya berbeda  antara dulu dengan sekarang. Dulu boneka pada umunya terbuat dari tanah liat, potongan kain, patahan kayu maupun tulang dimana bentuknya relatif sederhana dan memiliki fungsi ritual.
Pada saat itu setiap anak perempuan harus memiliki boneka dan membuatkan bajunya. kemudian boneka tersebut di simpannya sampai menjelang pernikahan. Saat menjelang pernikahan boneka tersebut di letakkan si altar Artemis (untuk orang yunani) ataupun altar Diana (untuk orang Romawi) untuk upacara keagamaan. Selain itu di Mesir kuno, boneka di gunakan sebagai pengganti kurban manusia.
Di abad pertengahan mengalami perkembangan dimana boneka di buat dari kayu namun masih berfungsi untuk acara ritual yang masih dirasakan hingga kini. Di contohkan di Meksiko, boneka tersebut banyak yang berbentuk keluarga suci dan di gunakan untuk perayaan Natal.
Boneka modern mulai muncul di Eropa dan bentuk boneka mengalami perubahan, boneka mulai di buat mirip dengan wanita cantik dan tidak lagi di gunakan untuk acara ritual tapi sebagai mode. Para bangsawan menggunakan boneka untuk mempopulerkan mode-mode pakaian, sehingga perancis lebih di kenal sebagai pusat mode berkat boneka-bonekanya.
Perkembangan boneka semakin pesat dari masa ke masa. Pada mulanya boneka di gunakan untuk ritual dan mode kemudian beralih sebagai mainan. Tercatat pembuat boneka untuk komersil yang pertama adalah Nuremberg, Augburg dan Sonneberg merupakan kota-kota yang berada di Jerman. selain Jerman negara-negara lain pun mulai memproduksi boneka seperti di Inggris, Perancis, Belanda dan Italia. Bahan dan kualitaspun mulai di perbaiki.
Kini boneka semakin variatif bahannya tidak lagi menggunakan kayu atau tanah liat, tapi dari kulit lembut (soft leather) lilin, karet porselin, keramik sampai selluloid. Para pembuat boneka semakin berkreasi untuk membuat yang terbaik. Oleh karena itu berbagai boneka karakter bermunculan. Beberapa boneka yang terkenal yaitu Kewpie, Raggedy Ann, Bye-Lo babby sampai dengan Barbie yang muncul 1959 yang di ciptakan oleh Ruth handler. Boneka barbie ini sangat di gemari anak-anak perempuan karena memiliki aksesories baju dan perlengkapan yang bermacam-macam.
Selain itu muncul boneka tokoh karakter kartun seperti Mickey Mouse, Winnie The Pooh, Teddy bear, Deasy Duck dan lain-lain. Fungsi dari bonekapun sudah bergeser hanya untuk mainan bukan lagi untuk ritual ataupun mode. Sekarang boneka sudah menjadi bagian dari anak-anak bahkan orang dewasapun juga menyukainya.


SEJARAH HELLO KITTY
Hello Kitty diciptakan oleh perancang dari Sanrio yang bernama Shimizu Ikuko pada tahun 1974 yang merupakan tahun kelahiran resmi Hello Kitty. Penjualan barang-barang Hello Kitty baru dimulai pada bulan Maret 1975. Barang Hello Kitty pertama dipasarkan berupa dompet kecil yang disebut Puchi Purse dengan harga 240 yen. Perusahaan Sanrio bahkan tidak lagi memiliki dompet Puchi Purse sampai mendapat sumbangan sebuah dompet Puchi Purse dari seorang kolektor yang sekarang dipamerkan di kantor perusahaan. Dompet Puchi Purse kemudian dibuat replikanya dan dijual sebagai barang dalam jumlah terbatas.

Pada produk-produk awalnya, Kitty selalu digambarkan sedang duduk dan baru pada tahun 1977 Kitty digambarkan berdiri.

Di Jepang, kepopuleran Hello Kitty mencapai titik paling rendah di sekitar tahun 1980-an. Pada tahun 1980, Yonekubo Setsuko yang merupakan desainer generasi kedua digantikan oleh Yamaguchi Yūko yang masih memegang posisi desainer hingga sekarang. Penampilan karakter Kitty selalu diperbarui setiap tahun, bahkan penampilan Kitty berbeda-beda setiap pergantian musim. Perusahan juga mengubah target pemasaran dan melakukan berbagai macam inovasi agar angka penjualan yang tinggi dapat dipertahankan.

Kemana Bibir Hello Kitty?
Jika diperhatikan, karakter Boneka Hello Kitty selalu ditampilkan tanpa bibir. Kabarnya, hal ini pada mulanya ditujukan agar masing-masing penggemar Hello Kitty bisa menentukan sendiri letak bibir si Kitty. Namun seiring berjalannya waktu, ketiadaan bibir Hello Kitty justru menjadi ciri khas yang tidak dijumpai pada karakter lainnya. Meskipun tidak memiliki bibir, namun dalam serial maupun film-nya, Hello Kitty dipersonifikasikan layaknya manusia yang bisa berkomunikasi.

Film pertama Hello Kitty adalah Kitty and Mimi’s New Umbrella. Film ini tayang pada tahun 1981. Kesuksesan film ini kemudian diikuti dengan pembuatan serial hello Kitty seperti Hello Kitty’s Furry Tale Theater dengan jumlah episode mencapai 24. Serial ini sendiri pertama kali ditayangkan di Amerika Serikat pada tahun 1987. Tahun berikutnya, yakni 1991, serial lainnya kembali diproduksi dengan judul Hello Kitty and Friends masih di Amerika Serikat. Penayangannya dilakukan oleh saluran TV CBS.

Kontroversi Hello Kitty
Meskipun cukup populer, namun kehadiran karakter Hello Kitty dibarengi dengan beberapa kontroversi. Salah satu yang paling banyak dibicarakan adalah kemiripannya dengan karakter kucing lainnya di Jepang, Maneki Neko. Karakter Maneki Neko berupa pajangan yang biasanya terbuat dari keramik maupun porselen. Maneki Neko dipercaya membawa keberuntungan. Maneki Neko secara harfiah berarti “kucing memanggil”. Hal ini dianggap sama seperti “Hello Kitty” yang bisa juga diartikan “kucing yang menyapa”.

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar